Open Laboratory




Deskripsi Khusus
Open Laboratory (OL) ditujukan untuk anak SMA dari kelas X,XI, dan XII. Tujuan diadakannya acara OL ini adalah untuk membantu siswa/siswi SMA dalam memahami pelajaran Kimia dengan cara memperlihatkan praktek secara langsung (praktikum) yang berhubungan dengan konsep pelajaran Kimia.
Konsep acara OL EXPO 2012 ini adalah kita mengundang sekolah-sekolah di daerah bandung dan Jawa Barat untuk datang mengunjungi laboratorium Kimia FPMIPA UPI dan melihat serta ikut mencoba praktikum-praktikum yang berhubungan dengan konsep Kimia. Sebagai penghargaan atas kesediaannya untuk berkunjung, kami pihak penyelenggara kegiatan akan memberikan sebuah modul tentang praktikum-praktikum yang telah dipraktekan serta sebuah kenang-kenangan. Untuk menunjang itu semua setiap sekolah yang bersedia mengunjungi Laboratorium Kimia FPMIPA UPI dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp. 120.000,00 serta jumlah siswa/siswi yang mengikuti tiap sekolah dibatasi maksimal 20 orang dengan maksimal 2 guru pendamping pergrup dan boleh dikuti lebih dari satu grup persekolahnya
1.      KETENTUAN PESERTA
a.      Peserta adalah siswa/siswi SMA sederajat se-Jawa Barat yang mewakili sekolahnya masing-masing, terdiri dari maksimal 15 siswa/siswi serta harus didampingi oleh maksimal 2 guru pendamping per sekolah.
b.      Peserta memakai seragam sekolah yang berlaku di sekolah masing-masing pada saat mengikuti Open Laboratory 2012.
c.       Pendaftaran keikutsertaan sekolah dalam Open Laboratory 2012 dapat dilakukan oleh pihak sekolah maupun individu yang telah mempunyai izin dari kepala sekolah/guru pembimbing sekolah yang bersangkutan.
 
 
2.      TEKNIS PELAKSANAAN
a.      Sebelum kunjungan dilaksanakan, peserta wajib melakukan registrasi ulang.
b.      Peserta wajib hadir tepat waktu sesuai jadwal kunjungannya (maksimal 20 menit sebelum kunjungan dimulai).
c.       Waktu kunjungan tiap sesi (1 sesi terdiri dari 6 kelompok) adalah 90 menit.
d.      Masing-masing sekolah beserta guru pendampingnya secara rolling mengunjungi 3 (tiga) laboratorium yang berbeda sesuai rute yang ditentukan panitia per 30 menit serentak di semua laboratorium.
e.       Pada saat kunjungan berlangsung peserta dilarang :
Makan dan Minum di laboratorium
Membawa senjata tajam, narkoba, dan minuman beralkohol
Melakukan tindak kekacauan yang dapat berakibat fatal
f.        Peserta wajib menjaga nama baik almamaternya
g.      Setiap peserta wajib memelihara alat-alat yang ada di dalam laboratorium, apabila peserta memecahkan atau merusak alat yang ada di laboratorium menjadi tanggung jawab sekolah yang bersangkutan.

 
 
3.      PELAKSANAAN
Tanggal pelaksanaan 30-31 Januari, dan 1 Februari 2012 mulai pukul 08.00 s.d 15.00 WIB.
Laboratorium yang akan digunakan adalah Laboratorium Kimia Dasar, Laboratorium Kimia Organik dan Biokimia dan Lab Riset.
Judul praktikum :
Destilasi bertingkat (LKDA)
Titrasi Asam-Basa (LKDA)
Kromatografi Kertas (LKOB)
Sublimasi (LKOB)
Display alat-alat praktikum kimia.
 
4.      PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 7 November 2011-13 Januari 2012
Pengembalian formulir pendaftaran dapat langsung dikembalikan ke Stand EXPO KIMIA 2012 di depan mushala gedung FPMIPA UPI
Lewat email: expokimiaupi@gmail.com berisi attachment formulir dan bukti pembayaran.
Melalui Pos dengan mengirimkan Formulir pendaftaran dan bukti pembayaran biaya pendaftaran mulai tanggal 7 November 2011 s.d  13 Januari 2012 (cap pos) ke alamat:
a.n. Ayu Sugiarti
Jalan Muaraajeun Lama no.39 RT 02 RW 05 Kelurahan Cihaurgeulis Kec.Cibeunying Kaler Kota Bandung 40122
Biaya pendaptaran sebesar Rp120.000/regu
Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi stand EXPO KIMIA 2012 atau lewat Rekening BNI
a..n. Mila Amalia
rekening ke no 0201579362
pendaftaran bisa langsung secara online dengan melampirkan bukti pembayaran
5.      TAMBAHAN
Waktu kunjungan ditetapkan oleh panitia dan peserta tidak berhak mengubah
Peserta berhak membatalkan kunjungan dengan syarat:
1)      pembatalan 6 hari sebelum waktu kunjungan, uang pendaftaran dikembalikan 100%
2)      pembatalan 5 hari sebelum waktu kunjungan, uang pendaftaran dikembalikan 80%
3)      pembatalan 4 hari sebelum waktu kunjungan, uang pendaftaran dikembalikan 50%
4)      pembatalan kurang dari 4 hari sebelum waktu kunjungan, uang pendaftaran tidak dikembalikan.
6.FASILITAS 
plakat, sertifikat, susu, name tag, modul